Sabtu, 17 Desember 2011

Matematikawan John Nash

Autobiografi

John F. Nash, Jr  
Awal saya sebagai individu yang secara hukum diakui terjadi pada tanggal 13 Juni 1928 di Bluefield, West Virginia, di Bluefield Sanitarium, sebuah rumah sakit yang tidak lagi ada. Tentu saja aku tidak bisa mengingat apa pun sadar dari dua atau tiga tahun pertama kehidupan saya setelah lahir. (Dan, juga, salah satu tersangka, psikologis, bahwa kenangan paling awal telah menjadi "kenangan kenangan" dan sebanding dengan cerita-cerita rakyat tradisional yang diwariskan oleh teller dan pendengar dari generasi ke generasi.) Tapi fakta-fakta yang tersedia bila memori langsung gagal bagi banyak keadaan.

Ayah saya, untuk siapa saya bernama, adalah seorang insinyur listrik dan datang ke Bluefield bekerja untuk perusahaan utilitas listrik yang ada dan merupakan Appalachian Listrik Power Company. Dia adalah seorang veteran WW1 dan telah menjabat di Perancis sebagai letnan di layanan pasokan dan akibatnya tidak berada di garis depan pertempuran yang sebenarnya dalam perang. Dia berasal dari Texas dan telah memperoleh gelar BS di bidang teknik listrik dari Texas Pertanian dan Mechanical (Texas A. dan M.).

Ibu saya, awalnya Margaret Virginia Martin, tapi disebut Virginia, adalah dirinya juga lahir di Bluefield. Dia pernah belajar di West Virginia University dan adalah seorang guru sekolah sebelum pernikahannya, mengajar bahasa Inggris dan kadang-kadang Latin. Tapi hidup kemudian ibuku itu sangat dipengaruhi oleh hilangnya sebagian pendengaran akibat infeksi demam berdarah yang datang pada saat ia menjadi mahasiswa di WVU.

Orangtuanya datang sebagai pasangan untuk Bluefield dari rumah asli mereka di barat North Carolina. Ayahnya, Dr James Everett Martin, telah mempersiapkan sebagai dokter di University of Maryland di Baltimore dan datang ke Bluefield, yang kemudian berkembang dengan cepat dalam populasi, untuk memulai prakteknya. Tapi beberapa tahun kemudian, Dr Martin menjadi lebih dari seorang investor real estate dan meninggalkan praktek medis yang sebenarnya. Aku tidak pernah melihat kakek saya karena ia telah meninggal sebelum saya lahir tetapi saya memiliki kenangan yang baik dari nenek saya dan bagaimana dia bisa bermain piano di rumah tua yang terletak agak terpusat di Bluefield.

Seorang suster, Martha, lahir sekitar dua setengah tahun kemudian dari saya pada tanggal 16 November 1930.

Aku pergi ke sekolah standar di Bluefield tetapi juga untuk taman kanak-kanak sebelum memulai di tingkat sekolah dasar. Dan orang tua saya diberikan sebuah ensiklopedia, Compton Ensiklopedi Digambarkan, bahwa aku belajar banyak dari dengan membacanya sebagai seorang anak. Dan juga ada buku-buku lain yang tersedia baik dari rumah kami atau rumah kakek-nenek yang nilai pendidikan.

Bluefield, sebuah kota kecil di lokasi geografis yang relatif terpencil di Pegunungan Appalachia, bukan sarjana atau komunitas teknologi tinggi. Ini adalah pusat dari pengusaha, pengacara, dll yang berutang keberadaannya ke kereta api dan ladang batubara yang kaya dekat West Virginia dan Virginia Barat. Jadi, dari sudut pandang intelektual, itu menawarkan semacam tantangan yang satu harus belajar dari pengetahuan dunia bukan dari pengetahuan masyarakat langsung.

Pada saat saya adalah seorang mahasiswa di sekolah tinggi saya sedang membaca "Men of Mathematics" klasik oleh ET Bell dan aku ingat berhasil dalam membuktikan teorema Fermat klasik tentang integer dikalikan dengan sendirinya kali p mana p adalah bilangan prima.

Saya juga melakukan percobaan listrik dan kimia pada saat itu. Pada awalnya, ketika ditanya di sekolah untuk mempersiapkan sebuah esai tentang karir saya, saya mempersiapkan satu tentang karir sebagai seorang insinyur listrik seperti ayah saya. Kemudian, ketika saya benar-benar masuk Carnegie Tek. di Pittsburgh saya masuk sebagai mahasiswa dengan teknik kimia utama.

Mengenai situasi studi saya di Carnegie (sekarang Carnegie Mellon U.), saya beruntung berada di sana dengan beasiswa penuh, yang disebut George Westinghouse Beasiswa. Tapi setelah satu semester sebagai Kimia. eng. mahasiswa saya bereaksi negatif terhadap regimentasi kursus seperti menggambar mekanik dan bergeser ke kimia sebagai gantinya. Tetapi sekali lagi, setelah terus dalam kimia untuk sementara, saya mengalami kesulitan dengan analisis kuantitatif di mana itu bukan masalah seberapa baik seseorang dapat berpikir dan memahami atau mempelajari fakta-fakta melainkan seberapa baik seseorang dapat menangani pipet dan melakukan titrasi di laboratorium. Juga fakultas matematika yang mendorong saya untuk pindah ke matematika sebagai utama saya dan menjelaskan kepada saya bahwa itu bukan hampir mustahil untuk membuat karir yang baik di Amerika sebagai matematika. Jadi saya bergeser lagi dan menjadi resmi seorang mahasiswa matematika. Dan pada akhirnya saya harus belajar dan berkembang begitu banyak dalam matematika bahwa mereka memberi saya gelar MS di samping BS saya ketika saya lulus.

Saya harus menyebutkan bahwa selama tahun terakhir saya di sekolah-sekolah Bluefield bahwa orang tua saya telah mengatur bagi saya untuk mengambil matematika tambahan. kursus di Bluefield College, yang kemudian sebuah lembaga 2 tahun dioperasikan oleh Southern Baptists. Aku tidak mendapatkan canggih resmi berdiri di Carnegie karena studi ekstra saya tetapi saya memiliki pengetahuan yang canggih dan kemampuan dan tidak perlu belajar banyak dari matematika pertama. program di Carnegie.

Ketika saya lulus saya ingat bahwa saya telah ditawari beasiswa untuk masuk sebagai mahasiswa pascasarjana di Harvard atau Princeton baik. Tetapi persekutuan Princeton agak lebih murah hati karena aku tidak benar-benar memenangkan kompetisi Putnam dan juga Princeton tampaknya lebih tertarik untuk mendapatkan saya untuk datang ke sana. Prof AW Tucker menulis surat kepada saya mendorong saya untuk datang ke Princeton dan dari sudut pandang keluarga tampaknya menarik yang secara geografis jauh lebih dekat Princeton ke Bluefield. Jadi Princeton menjadi pilihan untuk lokasi studi pascasarjana saya.

Tapi sementara aku masih di Carnegie Aku mengambil satu kursus elektif dalam "Ekonomi Internasional" dan sebagai hasil dari paparan ide-ide ekonomi dan masalah, tiba di ide yang mengarah ke kertas "Masalah Tawar-Menawar" yang kemudian diterbitkan dalam Econometrical . Dan ide ini yang pada gilirannya, ketika saya masih seorang mahasiswa pascasarjana di Princeton, menyebabkan minat saya dalam studi teori permainan ada yang telah dirangsang oleh karya von Neumann dan Morgenstern.

Sebagai mahasiswa pascasarjana, saya belajar matematika yang cukup luas dan saya cukup beruntung, selain mengembangkan ide yang mengarah ke "Non-Koperasi Permainan", juga untuk membuat sebuah penemuan yang bagus berkaitan dengan manifold dan varietas aljabar nyata. Jadi aku sudah siap sebenarnya untuk kemungkinan bahwa pekerjaan teori permainan tidak akan dianggap sebagai diterima sebagai tesis di departemen matematika dan kemudian bahwa saya bisa mewujudkan tujuan Ph.D. tesis dengan hasil lainnya.

Tapi dalam acara permainan teori ide-ide, yang agak menyimpang dari "baris" (seolah-olah dari "garis partai politik") dari von Neumann dan Morgenstern buku, diterima sebagai tesis untuk Ph.D. matematika dan kemudian, sementara saya adalah seorang instruktur di MIT, yang saya tulis sampai manifold aljabar Real dikirim dalam untuk publikasi.

Aku pergi ke MIT pada musim panas tahun 1951 sebagai "Instruktur CLE Moore". Saya pernah menjadi instruktur di Princeton untuk satu tahun setelah memperoleh gelar saya di 1950. Tampaknya lebih diinginkan untuk alasan pribadi dan sosial daripada yang akademis untuk menerima instruktur tinggi membayar di MIT

Saya di fakultas matematika di MIT dari tahun 1951 melalui sampai saya mengundurkan diri pada musim semi tahun 1959. Selama akademik 1956 - 1957 saya memiliki Alfred P. Sloan hibah dan memilih untuk menghabiskan tahun sebagai anggota (sementara) dari Institute for Advanced Studi di Princeton.

Selama periode waktu ini saya berhasil memecahkan masalah yang belum terpecahkan klasik yang berkaitan dengan geometri diferensial yang juga beberapa kepentingan dalam kaitannya dengan pertanyaan-pertanyaan geometris yang timbul di relativitas umum. Ini adalah masalah untuk membuktikan embeddability isometrik dari manifolds Riemannian abstrak dalam datar (atau "Euclidean") spasi. Tapi masalah ini, meskipun klasik, tidak banyak berbicara tentang sebagai masalah yang luar biasa. Ini tidak seperti, misalnya, berspekulasi 4-warna.

Jadi seperti yang terjadi, begitu aku mendengar dalam percakapan di MIT tentang pertanyaan tentang embeddability yang terbuka aku mulai mempelajarinya. Istirahat pertama menyebabkan hasil penasaran tentang realisasi embeddability mengejutkan berada di ruang dimensi rendah ambien ketentuan bahwa orang akan menerima bahwa embedding hanya akan kelancaran terbatas. Dan kemudian, dengan "analisis berat", masalah itu dipecahkan dalam hal embeddings dengan tingkat kehalusan yang lebih tepat.

Sementara aku berada di saya "Sloan cuti" di IAS di Princeton saya belajar masalah lain yang melibatkan persamaan diferensial parsial yang saya telah belajar sebagai masalah yang belum terpecahkan di luar kasus 2 dimensi. Di sini, meskipun saya tidak berhasil dalam memecahkan masalah, saya berlari ke dalam beberapa nasib buruk karena, tanpa saya cukup informasi tentang apa yang orang lain lakukan di daerah tersebut, hal itu terjadi bahwa saya bekerja secara paralel dengan Ennio de Giorgi dari Pisa, Italia . Dan de Giorgi pertama kali sebenarnya untuk mencapai pendakian puncak (dari masalah kiasan dijelaskan) setidaknya untuk kasus yang sangat menarik dari "persamaan eliptik".

Tampaknya dibayangkan bahwa jika salah de Giorgi atau Nash telah gagal dalam serangan pada masalah ini (dari perkiraan apriori kontinuitas Holder) maka para pendaki mencapai puncak tunggal akan telah diakui dengan medali Fields matematika '(yang secara tradisional telah dibatasi kepada orang-orang kurang dari 40 tahun).

Sekarang aku harus tiba pada saat perubahan saya dari rasionalitas berpikir ilmiah ke dalam karakteristik pemikiran delusi orang yang psychiatrically didiagnosis sebagai "skizofrenia" atau "skizofrenia paranoid". Tapi aku tidak akan benar-benar berusaha untuk menggambarkan periode waktu yang panjang tetapi menghindari rasa malu dengan hanya menghilangkan untuk memberikan rincian jenis yang benar-benar pribadi.

Sementara aku berada di cuti akademik 1956-1957 saya juga masuk ke dalam pernikahan. Alicia telah lulus sebagai fisika utama dari MIT di mana kami bertemu dan dia punya pekerjaan di wilayah Kota New York 1956-1957. Dia telah lahir di El Salvador, tetapi datang pada usia dini ke AS dan ia dan orang tuanya telah lama warga AS, ayahnya menjadi MD dan akhirnya bekerja di sebuah rumah sakit yang dioperasikan oleh pemerintah federal di Maryland.

Para gangguan mental berasal dari bulan-bulan awal tahun 1959 pada saat Alicia terjadi untuk dapat hamil. Dan sebagai akibatnya saya mengundurkan diri posisi saya sebagai anggota fakultas di MIT dan, akhirnya, setelah menghabiskan 50 hari di bawah "pengamatan" di Rumah Sakit McLean, perjalanan ke Eropa dan berusaha untuk mendapatkan status sebagai pengungsi ada.

Saya kemudian menghabiskan waktu urutan lima sampai delapan bulan di rumah sakit di New Jersey, selalu atas dasar sukarela dan selalu berusaha argumen hukum untuk rilis.

Dan hal itu terjadi bahwa ketika saya sudah cukup lama dirawat di rumah sakit bahwa saya akhirnya akan meninggalkan hipotesis delusi saya dan kembali ke memikirkan diri sendiri sebagai manusia dari keadaan yang lebih konvensional dan kembali untuk penelitian matematika. Dalam selingan dari, seolah-olah, rasionalitas ditegakkan, aku berhasil melakukan beberapa penelitian matematika terhormat. Jadi datanglah tentang penelitian untuk "Le probleme de Cauchy tuangkan E'quations les d'un Differentielles Fluide Generale"; gagasan bahwa Prof Hironaka disebut "Nash meniup-up transformasi", dan orang-orang dari "Struktur Pancaran Singularitas" dan "Analyticity Solusi Masalah Fungsi Implisit dengan Data Analytic".

Tapi setelah saya kembali ke mimpi-seperti hipotesis delusi di 60 kemudian, aku menjadi orang yang berpikir delusionally dipengaruhi namun perilaku yang relatif moderat dan dengan demikian cenderung untuk menghindari rawat inap dan perhatian langsung dari psikiater.

Dengan demikian waktu lagi berlalu. Lalu secara perlahan saya mulai intelektual menolak beberapa garis delusionally dipengaruhi pemikiran yang telah karakteristik orientasi saya. Ini dimulai, yang paling dikenali, dengan penolakan pemikiran politik yang berorientasi pada dasarnya membuang harapan upaya intelektual.

Jadi pada saat ini saya tampaknya harus berpikir rasional lagi dalam gaya yang merupakan karakteristik dari para ilmuwan. Namun hal ini tidak sepenuhnya masalah sukacita sebagai jika seseorang kembali dari cacat fisik untuk kesehatan fisik yang baik. Salah satu aspek dari ini adalah bahwa rasionalitas pemikiran memberlakukan batas pada konsep seseorang hubungannya dengan kosmos. Sebagai contoh, non-Zoroaster bisa memikirkan Zarathustra hanya sebagai orang gila yang memimpin jutaan pengikut naif untuk mengadopsi ritual pemujaan kultus api. Tapi tanpa itu "kegilaan" Zarathustra tentu akan telah hanya satu dari jutaan atau miliaran individu manusia yang telah hidup dan kemudian dilupakan.

Secara statistik, tampaknya mustahil bahwa setiap ahli matematika atau ilmuwan, pada usia 66, akan dapat melalui upaya penelitian lanjutan, untuk menambah banyak prestasi sebelumnya nya. Namun saya masih membuat usaha dan dapat dibayangkan bahwa dengan periode jeda sekitar 25 tahun sebagian tertipu berpikir menyediakan semacam liburan situasi saya mungkin atipikal. Jadi saya memiliki harapan untuk dapat mencapai sesuatu yang bernilai melalui studi saya saat ini atau dengan ide-ide baru yang datang di masa depan.
Dari Les Prix Nobel . Hadiah Nobel tahun 1994, Editor Tore Frängsmyr, [Yayasan Nobel], Stockholm, 1995
Ini otobiografi / biografi ini ditulis pada saat penghargaan dan kemudian diterbitkan dalam seri buku Les Prix Nobel / Nobel Lectures . Informasi ini kadang-kadang diperbarui dengan adendum diajukan oleh Nobel tersebut.
Copyright © 1994 Yayasan Nobel

Nobel medal.svg
 
John Forbes Nash Jr
 
Lahir 13 Juni 1928 (umur 83)
Bluefield, West Virginia
 
, AS
Kebangsaan Amerika
Fields Matematika
 
, Ekonomi
 
Lembaga Massachusetts Institute of Technology
 

Princeton University
 
Alma mater
 
Princeton University
 

Carnegie Institute of Technology
 
(sekarang bagian dari Carnegie Mellon University
 
)
Doktor penasihat
 
Albert W. Tucker
 
Dikenal Nash ekuilibrium
 

Nash embedding teorema
 

Geometri aljabar
 

Persamaan diferensial parsial
 
Terkemuka penghargaan Nobel Memorial Prize dalam Ilmu Ekonomi
 
(1994)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar